Home / Anggaran / Acara Sosialisasi Raperda APBD Kabupaten Lebak Tahun Anggaran 2020

Acara Sosialisasi Raperda APBD Kabupaten Lebak Tahun Anggaran 2020

 

Dalam rangka menindaklanjuti amanat Pasal 103 ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemerintah Kabupaten Lebak mengadakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 kepada masyarakat dan seluruh stakeholder di Kabupaten Lebak.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 01 November 2019 di Aula Multatuli, Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak dengan menghadirkan narasumber dari BAPPEDA dan BPKAD Kabupaten Lebak. Acara diikuti oleh 89 peserta yang berasal dari perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Masyarakat, Dewan Pendidikan, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka, Forum Mahasiswa, perhimpunan mahasiswa Lebak (IMALA dan KUMALA), Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), PDAM Tirta Multatuli, PT. bjb Cabang Rangkasbitung, POLRES Lebak dan perwakilan masyarakat lainnya.

Sosialisasi ini dikemas dalam bentuk diskusi panel, dengan terlebih dahulu disampaikan materi “Sinergitas dokumen RPJMD Tahun 2019-20124 dengan dokumen RKPD Tahun 2020” oleh BAPPEDA yang disampaikan oleh Widy Ferdian, SP. MA selaku Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, dan dilanjutkan dengan materi pokok tentang “Raperda APBD Kabupaten Lebak Tahun Anggaran 2020” yang disampaikan oleh Agung Budi Santoso, ST. MT selaku Kabid Anggaran BPKAD.

 

Diskusi yang berkembang cukup intens diinisiasi oleh 7 (tujuh) peserta yang sebagian besar mengemukakan pandangan dan input terkait dengan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan  dan pertanggungjawaban belanja hibah. Visi-Misi Bupati Lebak periode 2019-2024, khususnya pengembangan pariwisata dan pengembangan sumber daya manusia Lebak juga dikupas, korelasinya dengan penyediaan anggaran dan kontribusinya terhadap perkembangan Kabupaten Lebak tercinta.

Dengan disampaikannya kondisi terakhir Raperda APBD Kabupaten Lebak Tahun Anggaran 2020 pasca terbitnya beberapa regulasi terkini, seperti Surat Menteri Keuangan Nomor : S-702/Mk.07/2019 Tanggal 24 September 2019 Perihal Penyampaian Rincian Alokasi Transfer Ke Daerah Dan Dana Desa Tahun 2020, Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Jaminan Kesehatan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan, serta Rencana Penerimaan CPNS Tahun 2019, maka masyarakat diharapkan dapat merapatkan barisan dan dapat memberikan input positif kepada Pemerintah Kabupaten Lebak dalam rangka mencari solusi defisit APBD Tahun Anggaran 2020 yang mencapai 63 Miliar Rupiah Lebih pasca terbitnya regulasi tersebut di atas.

 

Meteri Terlampir

  1. RKPD Tahun 2020
  2. Sosialisasi RAPBD Tahun 2020

 

 

 

 

 

Check Also

PENGUMUMAN LELANG NON EKSEKUSI WAJIB BARANG MILIK DAERAH (BMD)

PENGUMUMAN LELANG NON EKSEKUSI WAJIB BARANG MILIK DAERAH (BMD) MILIK PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK TAHUN 2018 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.